Laman

Wajahpun Bisa Stress, Apa Solusinya?

Stress bisa melanda siapa saja, tidak peduli gender, usia, dan bentuk aktivitas. Namun pada umumnya  wanita memiliki respon yang berbeda karena cenderung lebih reaktif. Salah satu bagian sensitif yang diserang akibat stress adalah wajah. Apa tanda-tandanya? Dan, bagaimana cara mengatasinya? Baca uraian dibawah.

1.       Gunakan Spot Solver
Wajah bisa stress apabila terlalu banyak make-up yang menumpuk. Terkadang kita sering malas untuk membersihkan wajah usai beraktivitas seharian, hal ini tidak baik untuk kesehatan wajah. Oleh karena itu, biasakan untuk membersihkan wajah dengan make-up removal atau spot solver untuk menjaga kulit wajah Anda.

 2.       Kerutan di wajah
Adanya kerutan-kerutan di wajah juga menandakan kalau kulit kita stress. Penyebab timbulnya kerutan dapat disebabkan karena terlalu stress, yang dalam jangka panjang keadaan ini dapat mempercepat tanda-tanda penuaan, salah satunya keriput.  “Saat seseorang berada dalam kondisi tertekan, tubuh akan memproduksi kortisol, hormon yang menyerang kolagen yang memiliki fungsi vital dalam menjaga kekencangan kulit,” kata Dr.Fried.
Solusi mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan istirahat yang cukup, seperti tidur. “Ketika seseorang tidur, tubuh akan menghasilkan melatonin, hormon yang menekan produksi kortisol,” Dr.Fried menambahkan.
Selain itu dengan menggunakan produk atau krim pencegah keriput yang mengandung SPF juga bisa dilakukan.

3.       Wajah kemerahan
Dikejar-kejar deadline yang pada akhirnya berujung stress kerap sekali dialami semua orang tidak hanya wanita. Namun bedanya, wanita memiliki respon yang berbeda akan hal tersebut. “Bahkan sedikit stress saja dapat menyebabkan pembuluh darah di wajah membuka dan menyebabkan wajah menjadi kemerahan,” ungkap Richard Fried, MD, dermatologist asal Yardley, Pennsylvania. Daripada panik yang akan memicu response seperti yang diungkapkan Richard Fried, alangkah lebih baik mencegah efek stress kecil tersebut dengan menarik nafas dalam-dalam untuk menenangkan sistem saraf. Melakukan latihan yoga dan meditasi secara rutin juga baik agar tidak mudah stress dan lebih tenang.

4.       Kulit mengendor dan berminyak
“Saat Anda dalam kondisi stress, otak akan mengirimkan pesan ke kelenjar adrenal, yang akan menghasilkan hormone yang meningkatkan produksi minyak  di kulit,” kata Jeanette Graf, MD,  dermatologist asal Hreat Neck, New York. “Minyak yang berlebih ini nantinya akan berinteraksi dengan bakteri di kulit, yang akan menyebabkan jerawat.”
Carilah produk yang menyerap atau mengurangi minyak berlebih. Tidak hanya stress yang menyebabkan kondisi wajah berubah, namun juga pola makan. Apa yang kita makan juga akan menimbulkan bekas di wajah, terutama bagi mereka yang memiliki tipe kulit sensitif. “Memakan makanan dengan kadar lemak atau gula tinggi akan menyebabkan reaksi peradangan menjadi lebih buruk” Ungkap Dr.Graf.
 Langkah cerdas ketika Anda dihadapkan pada kondisi yang tertekan atau stress adalah dengan pergi gym, atau berolahraga ringan. “Hormon endorphin yang dihasilkan saat Anda berolahraga atau melalukan latihan akan menurunkan produksi hormone yang menyebabkan stress dalam tubuh,” Dr.Graf menjelaskan.


Untuk bergabung, atau bertanya seputar Oriflame bisa hubungi Saya di

SMS : 08112242577
Email ke     : idaparida98@yahoo.co.id
Facebook  : http://www.facebook.com/idaparida67

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar